Manfaat Beras Untuk Kesehatanmu

Manfaat Beras Untuk Kesehatanmu
Manfaat Beras Untuk Kesehatanmu

Apa itu Nasi Merah?

Nasi merah atau 'Bhura Chawal' dalam bahasa Hindi adalah nasi gandum. Ini adalah alternatif yang lebih baik daripada distributor beras medan murah nasi putih biasa karena rasanya yang pedas. Namun, tengik adalah masalah utama dengan beras ini karena dedak dan kuman terdiri dari lemak yang dimaksudkan untuk merusak produk makanan.

Apakah hanya perbedaan warna?

Memang benar kedua varian nasi memiliki warna yang berbeda dan ada alasan di balik ini. Mineral yang terkandung dalam beras merah jauh berbeda dari beras putih. Pada dasarnya, 'Nasi Putih adalah Nasi Merah Halus'.

Proses pemurnian menghilangkan varian mineral putih seperti mangan, zat besi, vitamin B-1, B-3 & B-6, serat makanan, fosfor dan asam lemak esensial. Varian coklat masih memiliki beberapa lambung dan dedak yang menyediakan protein biji-bijian, serat, magnesium, tiamin dll.

Keuntungan sehat

Diperkirakan bahwa mayoritas orang mengkonsumsi nasi putih karena perbedaan penampilan mereka. Namun, ini tidak benar ketika aspek-aspek seperti nutrisi dan kesehatan diperhitungkan.

Konten Selenium

Beras merah memiliki tingkat selenium yang kaya yang mengurangi risiko untuk mengembangkan penyakit umum seperti kanker, radang sendi dan penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Diabetes

Para peneliti menemukan bahwa makan nasi merah dua kali seminggu dapat menurunkan diabetes. Dengan makan hanya 50 gram sehari, risiko diabetes tipe 2 bisa diturunkan sebesar 16%.

Mencegah Kenaikan Berat Badan pada Wanita

Wanita yang mengonsumsi beras ini lebih cenderung mempertahankan berat badan yang sehat. Kenaikan berat badan berbanding terbalik dengan mengonsumsi beras berserat tinggi sementara mengonsumsi nasi putih meningkatkan berat badan selama periode waktu tertentu.

Tingkat Serat Tinggi

Serat menempel pada zat yang menyebabkan kanker dan racun sehingga menghilangkannya dari menempel pada dinding usus besar. Ini mencegah kanker usus besar.

Mangan tinggi

Hampir 80% dari kebutuhan mangan harian dapat disediakan hanya dengan secangkir beras merah. Mangan membantu tubuh kita mensintesis lemak & bermanfaat bagi sistem saraf dan reproduksi kita.

Kolesterol Rendah

Minyak hadir dalam beras bersama dengan kandungan serat tinggi menurunkan kolesterol. Ini kurang lebih seperti serangan dua sisi pada tingkat kolesterol kita.

Makanan Bayi Luar Biasa

Dalam bentuk sereal, beras ini adalah makanan yang sempurna untuk balita karena adanya nutrisi dan serat alami yang kental. Seorang anak yang sedang tumbuh akan membutuhkan makanan dengan beragam nutrisi daripada yang ditawarkan nasi putih olahan.

Mengurangi Risiko Sindrom Metabolik

Studi terbaru telah menemukan bahwa resistensi insulin dan sindrom metabolik turun hingga 38%. Itu rendah di antara mereka yang makan serat dari biji-bijian (beras merah).

Properti Antiinflamasi

Beras kaya akan antioksidan yang mirip dengan yang kita dapatkan dalam buah dan sayuran. Ini berfungsi dengan sifat anti-inflamasi yang mengobati penyakit seperti radang sendi dan asma. Konsumsinya mengurangi peradangan, penanda risiko kardiovaskular, BMI, dan tekanan darah diastolik.

Namun, nilai gizi beras merah ditantang karena dugaan kekhawatiran akan adanya kadar arsenik. Dikatakan bahwa itu disebabkan oleh fakta bahwa beras merah menyerap banyak air saat tumbuh. Tetapi penelitian selanjutnya mengungkapkan sebaliknya dan beras ini dapat dikonsumsi untuk manfaat luar biasa yang diberikannya.

Manfaat kesehatan dari mengkonsumsi beras:

· Sumber energi yang kaya : Semua varietas beras, terutama beras merah, kaya akan karbohidrat, itulah sebabnya Anda merasa semua dipenuhi energi setelah diet yang terdiri dari nasi. Karbohidrat hadir dalam beras dapat dengan mudah dicerna dan diubah menjadi energi oleh tubuh.

· Manajemen kolesterol dan tekanan darah : Tidak ada lemak, kolesterol atau natrium yang berbahaya dalam beras. Faktanya, salah satu hal penting dari nutrisi beras pratanak adalah mereka dapat menjauhkan gumpalan di pembuluh darah Anda yang dapat menyebabkan kondisi jantung seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kadar natrium yang rendah berarti sangat kecil kemungkinan pembuluh darah dan arteri Anda akan mengerut, menghasilkan tekanan tinggi. Padi liar dan varietas beras merah jauh lebih baik daripada nasi putih dalam kategori ini, karena sekam biji-bijian adalah tempat di mana banyak nutrisi berada; kulitnya dihilangkan dalam persiapan nasi putih.

· Pencegahan kanker : Beras kaya akan serat dan antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, fenolik dan senyawa flavonoid. Mereka dapat merangsang antioksidan yang pada gilirannya menghilangkan radikal bebas sehingga mengurangi risiko pembentukan sel kanker. Makan nasi, bahkan dalam jumlah kecil, dapat melakukan keajaiban bagi metabolisme dan generasi antioksidan Anda.

· Perawatan kulit: India, yang merupakan produsen beras terbesar di dunia, juga terkenal dengan perawatan Ayurvedic kuno. Tidak mengherankan bahwa beras dan turunannya banyak digunakan dalam banyak perawatan Ayurvedic. Senyawa fenolik yang ditemukan dalam beras, terutama dalam beras merah atau liar, memiliki sifat anti-inflamasi. Beras juga dikenal dapat mencegah keriput pada kulit sebelum waktunya.

· Sifat-sifat pencernaan : Bagian kulit dari beras diyakini memiliki sifat-sifat pencernaan yang cukup, menjadikannya makanan yang paling umum diresepkan untuk orang-orang dengan gangguan pencernaan. Sebagai diuretik, sekam padi dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih, menghilangkan racun dari tubuh seperti asam urat, dan bahkan menurunkan berat badan.

Ini adalah alasan mengapa Rice telah menjadi salah satu sereal yang paling disukai orang di seluruh dunia. Sudah waktunya untuk membuang kesalahpahaman beras menyebabkan obesitas dan menikmati diet beras yang masuk akal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Explore Medan To Lake Toba To Joy The Panorama of Nature

Danau Singkarak Objek Wisata Favorit Di Padang Sumatra Barat

Menikmati Minuman Saat Matahari Terbenam di Kelong Bintan